11 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sehat dan Cepat Besar

Rocknfitness – Cara merawat ikan cupang bukanlah hal yang mudah namun begitupula tak sesulit seperti yang difikirkan banyak orang. Jadi buat kamu yang ingin atau sudah memelihara ikan cupang ada baiknya untuk belajar dan mencari informasi mengenai bagaimana cara memelihara ikan cupang agar tetap sehat dan bertahan lebih lama.

Dengan perawatan yang tepat, ikan  cupang dapat bertahan hidup hingga sepuluh tahun meskipun pada dasarnya hanya mampu berumur berkisar rata-rata 2-4 tahun.

Perbedaan tersebut disebabkan oleh banyak hal, meliputi spesies, benih dan lain-lain. Namun sebagian besar disebabkan oleh kesalahan dalam perawatan sehingga tak dapat bertahan lebih lama.

Merawat ikan satu ini, tidaklah sama seperti merawat jenis ikan pada umumnya seperti ikan mujair dan lainnya.

Memelihara cupang membutuhkan perawatan yang lebih ekstra perhitungan. Lalu apa saja? Makanya yuk baca artikel ini sampai habis.

Tips dan Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Cepat Mati

Berikut beberapa tips memelihara ikan cupang agar tetap sehat dan cepat besar:

Sesuaikan Ukuran Aquarium

Ilustrasi aquarium

Sebagai seseorang yang mempunyai kegemaran memelihara ikan, tentunya sudah pasti kamu sudah memiliki aquarium yang mana akan menjadi hunian ikan itu sendiri.

Tempat hunian ikan cupang tak perlu bagus, namun yang perlu diperhatikan ialah ukuran aquarium itu sendiri meskipun sebenarnya jenis ikan hias tersebut tak membutuhkan ukuran yang begitu luas.

Sesuaikan Volume Air

“Air adalah syarat mutlak untuk kehidupan ikan” benar kan? yah benar lah masa ia ikan hidup didarat  :D, oke kembali ketopik. Selain ukuran volume air juga harus diperhatikan, tujuannya yakni demi kenyamanan ikan cupang itu sendiri dan jangan sampai mengisi aquarium dengan air hingga penuh karena beresiko cupang akan meloncat kedarat.

Beri Makan Secara Teratur

Selayaknya mahluk hidup seperti lainnya, ikan dengan warna indah tersebut harus diberi makan secara teratur agar tetap sehat serta dapat tumbuh dengan cepat.

Pemberian pakan adalah salah satu faktor penting, jadi selalu berikan makanan dengan kualitas terbaik serta pastikan selalu mengecek expired date pakan untuk menghindari cupang keracunan.

Memberi pakan ikan satu ini juga harus disesuaikan, berilah 2 kali sehari serta jangan terlalu banyak karena cupang adalah tipe ikan yang tidak terlalu membutuhkan banyak makanan.

Mengganti Air Secara Teratur

Keadaan air dalam aquarium juga menjadi salah satu faktor penting untuk pertumbuhan cupang, perubahan warna, bau dapat menyebabkankan ikan stres.

Perubahan aroma dan warna air biasanya sering diakibatkan oleh sisa sisa pakan dan kotoran ikan cupang itu sendiri. Jadi pastikan selalu mengingat kapan waktunya mengganti air di aquarium. air yang bagus untuk ikan cupang ialah jernih dan tidak berbau menyengat/

Sebenarnya cupang adalah salah satu ikan yang mampu bertahan dan tidak terlalu sensitif terhadap perubahan air, namun alangkah baiknya mengganti air setiap 8 hari sekali.

Kenapa 8 hari sekali? Kenapa nggak 5 hari aja? Jawabannya ialah untuk menghindari ikan stres akibat perubahan suhu air.

Jangan Kumpulkan 2 Ekor Cupang Dalam 1 Wadah

Seperti yang kita tahu, bahwasanya cupang adalah satu tipe ikan petarung yang mana jika bertemu dengan sesame cupang baik itu jantan maupun betina maka kemungkinan besar akan berkelahi. Jadi sebaiknya jangan pernah coba – coba untuk mengisi 2 atau lebih ikan dalam satu wadah.

Selain untuk kesehatan tips diatas adalah salah satu cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus.

Tempatkan di Ruangan Yang Hangat

Meskipun tidak wajib, tips ini dapat kamu lakukan karena menurut beberapa pembudidaya. Ikan cupang akan lebih aktif jika berada diruang lingkup yang lebih hangat.

Beri Tanaman Air

Member tanaman air didalam aquarium memang terlihat menyempitkan ruang geraknya, namun ternyata hal tersebut juga memberi manfaat lain, yakni sebagai tempat berlindung dan bersembunyi ikan cupang itu sendiri.

Tapi perlu digaris bawahi, pilihlah jenis tanaman air yang sekiranya tidak menggangu pemandangan dirumahmu serta sesuaikan berapa banyak yang diperlukan.

Bersihkan Aquarium Secara Teratur

Selain hanya menguras air, kamu juga harus membersihkan aquarium agar tetap nyaman dilihat. Meskipun tidak wajib, dengan adanya lumut juga dapat menyebabkan kejernihan air cepat berubah.

Jadi bersihkanlah aquarium paling tidak 3 minggu sekali atau jika memang tidak sempat, mulailah bersihkan jika sudah timbul lumut pada permukaan kaca.

Jangan Biarkan Ikan Cupang Stres

Meskipun cupang jenis ikan petarung, jangan biarkan dia stress karena hal tersebut memiliki dampak negative yang sangat signifikan pada pertumbuhannya. Terlalu sering stress dapat menyebabkan ikan sakit dan mungkin lebih buruk lagi.

Stress tidak selalu karena sering bertarung, namun juga dapat dikarenakan perlakuan kamu, seperti pemindahan saat penggantian air, menggertakkan wadah atau aquarium dan lain sebagainya. Jadi dengan melakukan hal tersebut ialah salah satu cara merawat ikan cupang agar tidak cepat mati

Memberi Vitamin

Bukan hanya manusia, pemberian vitamin juga perlu dilakukan terutama jika kamu memang serius ingin merawat ikan cupang.

Meskipun tidak terlalu wajib, setidaknya dengan hal tersebut member dampak positif bagi pertumbuhan ikan cupang peliharaanmu. Perlu digaris bawahi, pastikan tidak sembarangan dalam memilih merek vitamin untuk ikan cupang serta selalu periksa expired date untuk memastikan keamanan agar ikan tidak keracunan.

Periksa Kesehatan

Mungkin kamu mikir “wah gimana cara periksanya?, masa harus kedokter hewan?” eits tenang dulu. kamu nggak perlu bantuan orang lain untuk mengetahui apakah ikanmu sehat atau sebaliknya. Karena kamu dapat membedakan sendiri dengan mudah.

Apa saja perbedaannya? Gampang kok, yuk ikuti pembahasan kami hingga selesai.

Perbedaan Ikan Cupang Sehat dan Sakit

Berikut beberapa perbedaan yang dapat kamu amati:

Agresif dan Gesit

Ikan cupang yang dalam keadaan sehat sudah pasti sangat gesit, mereka akan selalu menghindar jika akan ditangkap oleh pemiliknya. Berbeda dengan cupang yang dalam keadaan sakit, mereka akan cenderung diam saat ingin dipegang.

Selain itu cupang yang sehat biasanya lebih sering berenang didasar air, berbeda dengan ikan tidak sehat mereka akan lebih sering mencari oksigen ke permukaan air.

Selalu Bersembunyi

Perbedaan yang dapat kamu amati juga dari sikapnya yang sering bersembunyi. Jika dalam aquariummu terdapat persembunyian seperti kayu dan lainnya dan jika ikan cupang sering bersembunyi maka bisa jadi ikan peliharaanmu tersebut dalam keadaan sakit.

cara merawat ikan cupang agar warnanya bagus

Memiliki warna yang cerah

Faktor pembeda lainnya juga dapat kamu lihat dari warnanya, yang biasanya jika sehat, warna cupang akan terlihat lebih cerah jika dibandingkan dalam keadaan sakit.

Sering Lapar dan Lahap Terhadap Pakan

Pernah nggak kamu melihat cupang sangat agresif saat diberi pakan? Jika hal itu terjadi maka beruntunglah karena ikan cupangmu berarti dalam keadaan aman dan sehat – sehat saja.

Berbeda dengan ikan yang tak terlalu merepon pakan dan selalu kelihatan kenyang. Jika memang sebelumnya kamu tidak merasa memberikan pakan, maka harus diperhatikan karena bisa jadi cupangmu tidak dalam keadaan sehat serta jika tetap berlanjut cobalah beri cairan penafsu makan pada pakan yang telah di campur dengan air.

Terdapat Luka Pada Sisik

Umumnya ikan yang sehat tidak terdapat luka, cupang yang terdapat luka biasanya dalam keadaan sakit dan jika dibiarkan terlalu lama dapat berdampak fatal karena dapat menjadi sarang bakteri yang menyebabkan infeksi.

Bengkak

Cara membedakan yang lebih mudah ialah dari segi fisik cupang itu sendiri, yakni ikan yang sehat biasanya akan terlihat biasa saja dan sehat dari bentuk fisik. Berbeda dengan cupang yang dalam keadaan sakit, biasanya akan terlihat lebih besar akibat bengkak.

Diatas adalah beberapa cara membedakan ikan cupang sehat dan sakit. Jadi jika hal diatas terjadi maka segeralah lakukan tindakan lebih seperti member vitamin ikan dan mengganti air serta jika perlu membersihan wadah atau aquarium guna membersihkan bakteri jahat yang terdapat pada air.

Akhir Kata

Merawat ikan adalah salah satu kegemaran banyak orang, apalagi jenis ikan cupang dengan warnanya yang indah nan menawan membuat banyak disukai orang. Namun sebelum berfikir untuk merawat ikan cupang perlu banyak pertimbangan karena jenis ikan hias tersebut butuh tanggung jawab lebih tidak seperti ikan pada umumnya.

Demikian pembahasan tentang cara memelihara ikan cupang bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa share yah

Tinggalkan komentar