Perbedaan Snapdragon dan Mediatek, Berikut Penjelasannya

Apa perbedaan snapdragon dan mediatek? bagi pecinta gadget pasti sudah sangat familiar dengan 2 kata tersebut. Snapdragon dan mediate adalah prosesor yang umumnya disematkan pada ponsel pintar atau yang kerap sekali disebut smartphone. Sebelum membeli ponsel pintar ada 2 komponen yang perlu kamu perhitungkan yakni ialah RAM dan Prosesor. Kedua komponen tersebut tentunya sangat penting terlebih jika kamu suka gaming dan menjalankan aplikasi-aplikasi berat lainnya.

sebelum menyimpulkan apa perbedaan snapdragon dan mediate sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa itu snapdragon dan mediatek serta kelebihan dan kekurangan 2 prosesor tersebut. Yuk simak dibawah ini.

Apa itu Snapdragon ? 

chipset snapdragon

Snapdragon adalah prosesor yang merupakan produk unggulan yang diproduksi oleh perusahaan Qualcomm. Umumnya komponen ini banyak tertanam pada smartphone dengan system operasi IOS dan android.

Pasalnya banyak dari vendor ponsel pintar lebih memilih menggunakan chipset snapdragon, hal itu bukan karna sebab melainkan karena banyak pengguna yang lebih senang jika ponsel mereka menggunaan chipset snapdragon bila dibandingkan dengan lainnya.

Lalu apa saja kelebihan serta kekurangannya?

Kelebihan chipset snapdragon

Performa grafis yang memuaskan

Seringkali menjadi perdebatan mana yang lebih baik dari 2 prosesor tersebut. Jika dilihat dari performa grafis, tentu snapdragon adalah jagonya. Hal itu tak dapat dipungkiri karena perusahaannya yakni Qualcomm menggunakan teknologi paling mutakhir untuk CPU corenya.

Berkecapatan tinggi

Ponsel pintar berkecepatan tinggi tentu menjadi incaran para pengguna, khususnya untuk mereka yang seneng gaming serta seringkali men-install aplikasi berat. Kabar baiknya hp android berchipset snapdragon tidak terlalu khawatir akan hal tersebut karena CPU ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Jadi buat kamu yang menggunakan smartphone berchipset snapdragon jangan khawatir ya gaes.

Tidak Mudah Panas ( Overhat)

Permasalahan ini jarang terjadi pada ponsel berchipset snapdragon. Kelebihan ini menjadi juga menjadi poin penting untuk dipertimbangkan bagi kami sebelum membeli hp. Pasalnya jika terlalu sering overhat tak jarang performanya aka menurun yakni hp hang, belum lagi kerusakan lainnya yang mungkin bisa lebih fatal.

Baterai Lebih Awet

Kekuatan kapasitas baterai dalam menyimpan daya memang menjadi penentu awet tidaknya baterai tersebut. Namun siapa sangka kinerja CPU juga mempengaruhi kinerja baterai

Kekurangan chipset snapdragon

Membutuhkan RAM yang relative besar

Memang benar jika dibilang chipset yang satu ini cukup cepat dalam memproses data, tapi kekurangannya adalah snapdragon sendiri membutuhkan RAM yang relatif besar untuk menjalankan proses sebagaimana mestinya

Harga relative lebih mahal

Disamping membutuhkan kapasitas RAM yang cukup besar, jika dilihat dari harga tentu snapdragon justru lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lain. Tak ayal jika hp android yang menggunakan chipset ini harganya relatif lebih mahal

Tidak terlalu cocok untuk kegiatan multi tasking

Mungkin bagi sebagian orang kurang setuju jika dibilang tidak cocok untuk kegiatan multi tasking. Sebelum membahas lebih jauh mari ketahui terlebih dahulu apa itu multitasking. Multitasking ialah dimana sebuah aktivitas atau pekerjaan lebih dari 1 atau ganda secara bersamaan.

Pasalnya chipset snapdragon bisa melakukan hal tersebut tapi menurut pendapat orang-orang, chipset tersebut tidak bisa melakukannya dengan maksimal seperti chipset yang lain.

Diatas adalah kelebihan dan kekurangan prosesor snapdragon, lalu apa saja kekurangan dan kelebihan mediatek? Yuk kita bahas

Apa itu Mediatek ?

chipset mediatek

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangannya ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu mediatek. Chipset mediatek adalah CPU yang diproduksi oleh perusahaan mediatek, Mediatek sendiri ialah perusahaan produsen semi konduktor yang berkantor pusat di taiwan. Disamping itu perusahaan ini sering kali membandrol produknya dengan harga yang cukup kompetitif.

Ponsel pintar yang menggunakan chipset mediatek harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan yang menggunakan snapdragon. Tapi perlu digaris bawahi, dengan harga yang cukup murah bukan ber arti chipset tidak layak pakai.

Lalu apa saja kelebihan mediatek dibandingkan dengan snapdragon ?

Yuk kita bahas dibawah ini

Kelebihan chipset mediatek

Mendukung Multi tasking

Kelebihan yang pertama adalah support untuk kegiatan multi tasking. buat kamu yang suka buka aplikasi berat bersamaan jangan khawatir, pasalnya jika ponsel pintarmu menggunakan chipset mediatek pastinya enteng banget.

Harga relative lebih murah

Hp android yang menggunakan chipset mediatek harganya lebih murah jika dibandingkan dengan ponsel pintar yang menggunakan chipset snapdragon. Hal tersebut sangat wajar, karena harga chipset mediate lebih murah dibanding dengan kompetitorya. Tapi perlu digaris bawahi meskipun harganya yang lebih murah bukan berarti kalah daam kualitas.

Grafis yang Power Full Tapi Hemat RAM

Samahalnya dengan laptop, smartphone juga membutuhkan GPU layaknya komputer yang menggunakan VGA. GPU adalah komponen yang memproses kinerja grafis di ponsel pintarmu, keberadaan GPU sangatlah penting terutama jika kamu senang bermain game, menonton video, editing.

Namun kabar baiknya mediatek menggunakan PowerVR, dimana teknologi tersebut tak terlalu menekan penggunaan RAM.

Prosesor True Octa-Core Pertama di Dunia

Tepatnya pada tahun 2013, perusahaan mediatek merilis produk kebanggaannya yakni chipset Octa – Core yang berisikan CPU ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1.7-2.0 GHz. Pasalnya dengan spesifikasi tersebut chipset mediatek ini mampu untuk memutar konten 4K seperti kompetitornya yakni VIVO X5 dan Huawei Honor 3X.

 Kekurangan chipset mediatek

Boros baterai

Benar jika dibilang mediatek lebih handal dalam urusan multi tasking, akan tetapi justru pekerjaan tersebut menyebabkan kinerjanya sangat tinggi dan berimbas pada hp cepat panas, jadi buat kamu lebih baik pertimbangkan terlebih dahulu deh.

Baca juga : Cara Menghemat Baterai Handphone Tanpa Aplikasi

Boros Penggunaan Baterai

Selain cepat panas, chipset buatan mediatek juga boros baterai. Hal tersebut sangat wajar terjadi karena chipset yang satu ini sangat power full dalam memproses kebutuhan grafis yang tinggi yang akhirnya menyebabkan baterai cepat habis.

Setelah mengetahui apa itu snapdragon dan apa itu mediatek serta kelebihan dan kekurangan kedua chipset tersebut selanjutnya kamu dapat menemukan perbedaan snapdragon dan mediate. Lalu apa saja ?

Perbedaan Snapdragon dan Mediatek

Kedua merek tersebut adalah dari perusahaan yang berbeda, jika dipahami sekilas snapdragon tangguh dalam kecepatan dan lebih awet penggunaan baterai, tapi kekurangannya adalah tidak terlalu cocok untuk kegiatan multi tasking.

Sedangkan mediatek disamping harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan snapdragon, chipset ini juga memiliki kelebihan yang cukup penting yakni kualitas grafis yang cukup tinggi serta sangat cocok sekali untuk kegiatan multi tasking. Tapi kelemahannya yakni ponsel pintar yang menggunakan chipset mediate lebih cepat panas dan boros baterai.

Dari kesimpulan diatas kamu bisa memahami kedua prosesor sama-sama memiliki kualitas bagus serta kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda jadi buat kamu dari penjabaran diatas kamu bisa memilih sesuai kebutuhanmu.

Catatan : mohon maaf sebelumnya jika ada kesalahan penulisan serta penjelasan, artikel ini kami buat tidak ada unsur untuk menjelekkan kedua produk. Jika ada pihak yang dirugikan silahkan kontak kami di halaman Contact

Salam hangat

Akhir Kata

Mempertimbangkan spesifikasi smartphone sebelum beli memanglah sangat penting. Seperti kasus pemilihan prosesor / CPU sangatlah krusial karena akan berdampak pada kepuasan saat kita memakainya. Baiknya pilihlah sesuai dengan kebutuhan utama kita, semisal tujuan membeli hp untuk gaming, jadi yang perlu diperhitungkan adalah CPU dan RAM.

Tinggalkan komentar